Senin, 16 April 2012

Silabus (Syllabus)

Assalamualaikum wr, wb!

 

Hey sobat, minggu ini saya mau berbagi cerita dan tentunya juga berbagi sesuatu yang menarik buat pengikut blog dan pengunjung setia.
Mulanya saya sebagai seorang mahasiswa pendidikan bahasa Inggris diwajibkan ikut suatu acara. Ya sebagai mahasiswa yang baik maka wajib hukumnya patuh pada perintah (selama perintahnya baik dan sesuai ajaran agama tentunya, hehehe...). Nama acaranya yaitu "Workshop ..." (maaf lupa soalnya ada kalau acara ini sudah sebulanan yang lalu, :)). Seperti workshop-workshop pada umumnya, workshop ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa, lebih spesifik dalam membuat RPP dan Syllabus.
Acara workshop itu seingat saya diadakan jam 8 pagi tapi dengan sangat terpaksa saya datang telat (gara-gara apa hayo???). Saya kemudian sms salah satu panitia workshop kalau saya datang jam 9 pagi. Akhirnya dengan sangat tergesa-gesa hampir jam sepuluh saya datang (tepatnya jam berapa lupa deh...). Wow luar biasa, ternyata saya hanya telat sedikit, karena acara baru saja dimulai (temen-temen yang lain udah pada buka laptop sebelumnya sambil internetan buat nunggu acaranya dimulai, tau kan indikasinya apa!? hihihi). "Lega" itulah perasaan saat itu.
Pada awal-awal kita (saya dan temen-temen) terlihat cukup antusias dengan acara ini, ya karena ada rumor bahwasannya ini adalah sebagai bekal sebelum menjalani mata kuliah PPL 1. (Cukup logis, karena awal-awal masuk kuliah sempat bolong alias kosong ga ada pelajaran). Dari pembicara yang satu ganti yang seterusnya dan seterusnya lagi. Sampailah pada akhir acara (maaf nih saya sensor langsung bagian akhir soalnya kalau didetail malas ngetik, lagian pembaca juga Boring juga liat detailnya kan?!).
Diakhir acaranya ini saya sempat tertinggal beberapa instruksi dari bapak/ibu Dosen, karena pada saat itu harus melakukan sesuatu yang lain (ada hubungannya sama kebanyakan minum pokoknya...). Pada saat saya kembali ke kelompok saya sedikit kebingungan dengan duduk lesehan dan dikelompokkan lebih tertib setiap kelas mata kuliah PPL 1. Disini sudah mulai terasa, dalam hati saya berkata, "ini pasti bagi-bagi tugas ini". Seratus persen dugaan saya benar (kayak peramal aja kang harry ini, bukannya peramal para pengunjung yang budiman tapi kebanyakan polanya seperti itu disetiap acara yang diselenggarakan Jurusan diluar mata kuliah, ada acara, anda wajib datang dan anda dapat tugas, dikasih dead line, anda pulang. Gimana polanya Simple kan? hehehe).
Diakhir acara, perkelas PPL 1 mendapatkan bagian untuk merampungkan Silabus yang Deadline-nya hari ini tadi tanggal 16 April 2012. Setelah itu kami pulang. Beberapa minggu berlalu dengan perjuangan yang cukup keras karena harus diiringi dengan membuat tugas-tugas yang lain, kami berhasil merampungkan silabus tersebut. Itulah akhir cerita saya minggu ini (Garing banget mas harry endingnya, ya ga apa-apa yang penting Happy Ending. :D).
Inilah yang ditunggu para pembaca, ini saya share ya hasil dari pembuatan saya, silabus bahasa Inggris SMP kelas VIII yang berkarakter. Terima kasih!

Klik disini buat download silabus saya.

2 komentar:

  1. tengok balik bang harry...

    http://zakizhee.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. Bagi yang jadi follower group ini saya kasih bonus koleksi syllabus lainnya (kalau mau), yang tentunya bisa buat perbandingan.
    MINAT???
    follow aja!
    nanti ta kirim lewat e-mail kalian.
    :D

    BalasHapus

Do not forget to give comment